A.
Sasaran
Promosi Kesehatan
Tujuan
akhir atau visi promosi kesehatan adalah kemampuan masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka
sendiri. Jadi, jelas dari visi ini yang menjadi
sasaran utama promosi kesehatan adalah semua masyarakat Indonesia, termasuk
individu, keluarga, kelompok organisasi masyarakat, organisasi profesi/LSM,
Lembaga pemerintah/swasta, serta petugas kesehatan, khususnya lagi perilaku
masyarakat.
Berdasarkan
upaya promosi kesehatan, maka promosi kesehatan dibagi dalam 3 (tiga) kelompok
sasaran :
1. Sasaran
Primer (primer target)
Masyarakat yang
dikelompokkan menjadi : kepala keluarga (untuk masalah kesehatan umum), ibu
hamil dan menyusui (untuk masalah KIA), anak sekolah (untuk masalah kesehatan
remaja), dan lain-lain.
Upaya yang dilakukan
antara lain :
- Masyarakat
memiliki kemampuan dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri.
- Pemberdayaan
masyarakat melalui penyuluhan masyarakat, pengorganisasian dan pembangunan
masyarakat dalam bentuk koperasi dan pelatihan keterampilan dalam rangka
meningkatkan pendapatan keluarga (produktif).
- Masyarakat
memiliki kemampuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri (self reliance in health), misalnya
adanya pos obat desa, adanya dana sehat, adanya gotong royong kesehatan.
2. Sasaran
Sekunder (secondary target)
Tokoh masyarakat, tokoh
agama, tokoh adat, dan sebagainya. Diharapkan dengan memberikan pendidikan
kesehatan kepada kelompok ini untuk selanjutnya kelompok ini akan memberikan
pendidikan kesehatan kepada masyarakat di sekitarnya.
Upaya promosi kesehatan
yang ditujukan kepada sasaran sekunder ini adalah sejalan dengan strategi
dukungan sosial, yaitu :
- Kegiatan
atau program kesehatan tersebut memperoleh dukungan dari para tokoh masyarakat
(toma) dan tokoh adat maupun tokoh agama untuk dapat menjembatani antara
pengelola program kesehatan dengan masyarakat.
- Apabila
tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat sudah mempunyai perilaku sehat,
akan mudah ditiru oleh anggota masyarakat yang lain.
- Bentuk
kegiatan mencari dukungan sosial ini
seperti : pelatihan-pelatihan, seminar, penyuluhan, lokakarya, dan lain-lain.
3. Sasaran
Tersier (tertiary target)
Pembuat keputusan atau
penentu kebijakan, baik di tingkat pusat
maupun daerah. Dengan dikeluarkannya kebijakan-kebijakan atau keputusan
oleh kelompok ini akan mempunyai dampak terhadap perilaku masyarakat umumnya.
Upaya kesehatan yang ditujukan kepada sasaran tersier ini sejalan dengan
strategi advokasi yang bertujuan agar pembuat keputusan mengeluarkan
kebijakan-kebijakan dalam bentuk peraturan, undang-undang, instruksi-instruksi
yang mengikat masyarakat dan instansi-instansi.
Terima kasih atas materinya bu
ReplyDeleteNama : Anggi K. Windriani
NIM : 711345118008
Terima kasih ibu atas materinya
ReplyDeleteNama: Vevi diana putri
Nim: 711345118067
Terimakasih atas materinya
ReplyDeleteNama : Kristi susiani
NIM: 711345118036
Trimaksih atas materinya Bu
ReplyDeleteNama : Verent Stelysa Saskia sengkey
Nim : 711345118066
Terimakasih ibu materinya
ReplyDeleteNama : Thereza Valery Saikat
Nim : 711345118063
Prodi d-iii sanitasi tkt iii
Terima kasih ibu untuk materinya
ReplyDeleteNama : Nur Eka ponamon
Nim : 711345118050
Prodi : D3 tkt 3 sem. 5
Makasih bu untuk materinya
ReplyDelete611345118004
D3 tngkt 3 sem 5
Trimah kasih bu untuk materinya
ReplyDeleteTerima kasih atas materinya ibu
ReplyDeleteNama Gracela Debora Dalekes
Nim 711345118027
D3 Sanitasi tingkat 3 semester 5
Trimah kasih bu materinya
ReplyDeleteNama:Loisa Marpati
711345118039
D3 tngkt 3 sem 5
Slot Game | DrmCD
ReplyDeleteWith the 화성 출장샵 launch of the online slot game, you will be 의왕 출장안마 able to 전라북도 출장마사지 find and download your favourite online slots, video slots 경상남도 출장마사지 and more. From free casino games to 나주 출장샵